Kalau Perlu, Ujian Tidak Usah Diawasi

Ingat kantin kejujur?

Tentu saja ingat,, tiap ganti makul pasti langsung nyerbu ke “KAJUR” Kantin kejujuran FMIPA UNY untuk antre beli makanan. Cz banyak mahasiswa yang saling berebut……😀

Karena pada dasarnya, orang yang mempercayai bahwa pada dasarnya manusia itu baik. Manusia tidak akan mau melakukan kecurangan kalau mereka sadar bahwa kejujurannya sedang diuji dengan keberadaan kantin tersebut.

Ide kantin kejujuran itu pada prinsipnya bertujuan mendidik manusia untuk selalu berperilaku jujur dalam hal apapun, tidak hanya dalam urusan belanja. Kalau anda berbuat curang (tidak mau membayar), maka di manakah Allah? Mungkin orang lain tidak melihat anda mengambil barang tanpa membayar, tapi Allah dan malaikatnya tidak pernah tidur.

Minggu Depan Jadwalnya Ujian Tengah Semester bagi Mahasiswa Prodi Pendidikan IPA FMIPA UNY.

Jika ada kantin kejujuran, mengapa tidak dicoba ujian tanpa ada pengawas? ………

Itulah yang saya pikirkan saat ini, memberi ujian tanpa perlu diawasi. Pengawas (atau dosen) cukup datang pada saat awal ujian untuk membagikan berkas soal dan jawaban, selanjutnya pergi meninggalkan kelas. Biarkan saja mahasiswa menyelesaikan soal ujian sendiri. Dua menit menjelang ujian berakhir, pengawas (atau dosen) datang lagi untuk mengambil berkas ujian.

Bila diperlukan, dosen cukup datang sekali saja di tengah ujian untuk menanyakan apakah ada soal yang tidak jelas, atau memberi ralat jika ada. Tapi jika semua spek soal sudah sangat jelas dan tidak multitafsir, ya tidak perlu dosen datang di tengah ujian.

Mungkinkah melaksanakan ujian tanpa perlu diawasi? Mungkinkah ada yang menyontek?………………..??????

Semua hal di atas bertujuan untuk mendidik mahasiswa menghargai kejujuran. Mahasiswa dinilai dari integritasnya lho, tidak semata-mata hanya dari hasil (output) yang telah dikerjakannya. Bagi saya pribadi proses lebih penting daripada produk akhir.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s